Enam Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Botol Susu

KehamilanCerdas - Bayi Anda minum susu formula/ASIP dari botol atau dot? Ketika bayi minum susu dari botol, pastilah para ibu wajib memperhatikan kebersihan dan higienitas botol susu bayi. Karena ada banyak penyakit yang rentan menyerang kesehatan buah hati Anda akibat kurangnya pemahaman orang tua tentang cara menjaga kebersihan, salah satunya : diare. Bukan rahasia lagi jika diare termasuk salah satu penyebab kematian terbesar pada anak balita. Penyebab diare pada balita cukup banyak, salah satunya karena cara mencuci botol susu yang salah. Cara mencuci botol susu yang tidak tepat bukannya membuat botol susu menjadi bersih, tapi justru membuat kuman dan virus mengendap dalam botol susu bayi. Akibatnya bayi yang tadinya sehat dan ceria menjadi sakit dan rewel. 


Nah, agar tidak salah langkah dalam mencuci botol susu bayi, sebaiknya hindari Enam Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Botol Susu, berikut ini :

Tidak cuci tangan

Meski botol susu dalam kondisi kotor, bukan berarti Anda boleh memegangnya dengan tangan kotor ya, karena bisa jadi tangan Anda yang menyebarkan bibit penyakit. Kuman yang melekat pada tangan Anda bisa dengan mudah berpindah ke botol susu bayi dan menjadi penyebab bayi Anda sakit.  Jadi, pastikan mencuci tangan terlebih dulu sebelum mencuci botol susu bayi.

Tidak mencuci dengan air mengalir

Tidak semua ibu memahami pentingnya menggunakan air mengalir untuk mencuci botol bayi, sehingga mereka hanya merendam botol dalam air. Tahukah Anda jika cara ini tidak bisa membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada botol susu? Jadi, pastikan gunakan air mengalir yaa!

Tidak Membersihkan botol secara keseluruhan

Sebagian ibu merasa malas mencuci botol secara keseluruhan. Mereka hanya mencuci bagian dalam botol dan dot saja, serta melupakan bagian lainnya, misalnya : leher pengencang dot dan gelang dot. Padahal bisa jadi banyak kotoran dan kuman menempel pada bagian tersebut. Oleh karena itu, pastikan buka semua elemen botol dan bersihkan satu persatu agar steril.

Hanya merendam botol dalam air panas

Banyak orang tua yang menganggap jika merendam botol dalam air panas dapat menghilangkan kuman dan bakteri dalam botol. Padahal itu saja tidaklah cukup, karena bisa jadi ada kuman dan bakteri yang masih mengendap dalam botol susu. Jadi pastikan Anda tetap mencuci kembali botol dalam air mengalir.

Tidak segera mengeringkan botol

Setelah botol di cuci, Anda pasti akan membuat sterilisasi botol, msialnya dnegan merebus air panas. Jangan dibiarkan berlama-lama, tapi segera tiriskan botol dan lap hingga kering agar bakteri tidak melekat kembali pada botol susu. Setelah itu simpan ke dalam wadah tertutup yang bersih.
Semoga informasi diatas dapat membuat ibu terhindar dari cara mencuci botol yang salah. Semoga bermanfaat yaa!