Kenali Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan

KehamilanCerdas - Hampir semua Ibu hamil pasti mengalami kekhawatiran dan kecemasan akan kondisi kehamilannya dan juga janin dalam kandungan. Apalagi jika kehamilan tersebut sudah lama dinantikan oleh pasangan suami istri. Kondisi ini snagatlah wajar, karena orang tua tidak bisa melihat secara langsung kondisi janin dalam kandungan. Karena itulah, tak heran jika beberapa ibu selalu berpikir, "apakah janind alam kandungannya sehat?, Apakah tumbuh kembang janin dalam kandungan tidak ada masalah?, apakah berat badan janin dalam kandungan sudah tepat? dan mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang menghantui para ibu.
Sebenarnya, ibu hamil tidak perlu cemas apalagi merasa takut berlebihan, karena dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter, maka ibu akan lebih mudah mengetahui tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan.
Biasanya, dokter akan menggunakan alat USG atau alat lainnya untuk mendeteksi kondisi janin dalam kandungan, dari mulai : detak jantung, organ tubuh, jenis kelamin, lingkar kepala, hingga perkiraan berat badan. Jadi Anda tidak perlu cemas lagi, karena melalui pemeriksaan rutin, Anda juga bisa mengetahui jika terjadi kelainan pada kehamilan. Nah, agar lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul kenali tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan berikut ini :

Berat badan ibu hamil mengalami kenaikan

Berat badan naik pada saat hamil merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Jadi, apabila ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan, maka bisa jadi janin dalam kandungan tidak mengalami kenaikan berat badan. Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah pada kehamilan Anda, misalnya janin tidak berkembang, perkembangan janin terhambat, atau ada masalah lainnya. Kenaikan berat badan Ibu selama kehamilan yang menunjukkan kehamilan dan janin dalam kondisi sehat adalah 11-15kg. Periksakan kehamilan secara berkala, agar segera mendapatkan penanganan ketika terjadi suatu masalah dalam kehamilan.

Ikuran perut ibu semakin besar 

Tanda-tanda janin dalam kandungan sehat bisa dilihat dari membesarnya perut ibu hamil sesuai dengan usia kandungan. Pada saat memeriksakan kehamilan, dokter/bidan akan memeriksa besarnya rahim untuk mengetahui apakah sudah sesuai atau tidak dengan usia kehamilan, misalnya pada usia kehamilan 20 minggu yang ditandai dengan ukuran rahim yang teraba setinggi pusar.

Detak jantung janin normal

Detak jantung janin dalam kandungan memang tidak bisa dideteksi secara langsung oleh ibu hamil, namun dengan menggunakan alat khusus, seperti USG dan doppler, detak jantung janin dalam kandungan bisa dilihat dan didengar dengan jelas. Melalui alat ini, dokter bisa mendeteksi apakah janin Anda sehat atau tidak. Detak jantung sehat dan normal apabila berdenyut sebanyak 110/160 kali per menit. 

Adanya gerakan janin

Gerakan janin merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Ibu bisa mulai merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 16 hingga 20 minggu. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 hingga 10 kali dalam sehari. Gerakan janin seperti menendang, menggeliat, memukul akan terus bertambah kuat seiring usia kehamilan ibu. Namun umumnya pada saat kehamilan bertambah besar, gerakan janin akan mengalami penurunan akibat berkurangnya ruang gerak janin yang terus bertambah besar.  

Tumbuh kembang Janin Sempurna

Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan dibutuhkan untuk mengetahui apakah tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda sehat dan sempurna, terutama pemeriksaan menggunakan alat USG. Melalui alat tersebut, dokter dapat mendeteksi apakah detak jantungnya norrmal, apakah berat badan janin sudah sesuai, berapakah diameter kepala janin, panjang tulang, organ dalam janin, dan juga jenis kelamin janin dalam kandungan.
Nah, sudah tahu kan apa saja Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan. Semoga informasi yang berjudul Kenali Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menjemur Bayi
Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi
Kenali Lima Jenis Keguguran pada Ibu Hamil Muda
Keguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya Pencegahan
Efek Negatif Duduk Terlalu lama Bagi Ibu Hamil dan Janin