Bahayakah Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi?

KehamilanCerdas-Menjadi ibu baru pasti membuat Anda serba takut dan cemas, apalagi ketika mendapati perubahan kecil pada buah hati Anda. Salah satu perubahan yang sering dialami bayi baru lahir adalah munculnya bercak putih pada bibir atau lidah bayi. Sebenarnya apakah bercak putih itu, kenapa tiba-tiba muncul, dan berbahayakah untuk tumbuh kembang bayi?

Mitos tentang Bercak Putih pada Lidah/Mulut Bayi

Beragam pertanyaan pasti terus menghantui para ibu baru, apalagi jika dia tak juga menemukan jawaban yang pasti akan kondisi bayinya. Terdapat mitos tentang bercak putih pada lidah/bibir yang sudah dipercaya oleh para ibu-ibu zaman dulu, yakni akibat ibu bayi mengonsumsi makanan panas. Namanya mitos tetaplah mitos dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara medis.

Penyebab Bercak Putih pada Lidah/Mulut Bayi

Bercak putih disebut juga oral thrust, awalnya hanya terdapat dilidah, namun kemudian menjalar ke mulut, gusi, dan selaput lendir pipi. Penyebab munculnya bercak putih pada mulut bayi ada dua, yakni : akibat endapan susu formula dan akibat infeksi jamur. Pada bayi ASI, kemungkinan sangat kecil mengalami bercak putih pada mulut/lidahnya. Meski demikian, tetap harus diwaspadai dan jaga kebersihan mulut bayi.

Bagaimana Cara Mengatasi Bercak Putih tersebut?

Tidak perlu cemas apalagi takut, apalagi jika bercak putih tersebut akibat endapan susu formula. Anda bisa menjaga kebersihan mulut bayi dengan cara berikut ini : gunakan kasa steril, lilitkan pada jari telunjuk, kemudian celupkan pada air hangat, usapkan perlahan pada mulut bayi hingga bercak menghilang. Lakukan perlahan dan ulangi hingga bersih. Selain itu, jangan lupa bersihkan mulut bayi setelah pemberian susu.

Waspadai bercak putih pada Mulut bayi, Jika…

Meskipun bercak putih pada mulut bayi bisa dibilang tidak membahayakan, namun jika penyebabnya adalah candida albicans, Anda patut mewaspadainya. Apalagi jika keberadaannya membuat bayi Anda rewel dan mengganggu proses pemberian ASI. Segera konsultasikan ke dokter specialis anak Anda. Biasanya, Dokter akan meresepkan obat oral yang bisa Anda berikan langsung atau digunakan untuk membersihkan bercak putih di mulutnya. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kita semua dalam merawat buah hati tercinta.