Awas, Ini Tujuh Mainan yang Berbahaya Bagi Anak

KehamilanCerdas - Anak-anak Anda suka mainan? Mainan bagi anak-anak tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tapi juga membantu mengasah kreativitas anak. Membelikan mainan anak harusnya disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Akan tetapi sayangnya tidak semua orang tua mengetahui jika ternyata ada beberapa jenis mainan yang dapat membahayakan keselamatan anak. Hem, kira-kira apa sajakah jenis mainan yang berbahaya bagi anak? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Mainan Anak

Mainan yang mudah pecah

Mainan yang mudah pecah sangat kurang cocok untuk anak, bahkan berpotensi membahayakan keselamatan anak. Bisa dibayangkan bagaimana jika pecahan mainan mengenai anak Anda?

Mainan yang terdapat kancing, manik-manik atau aksesoris tajam

Mainan yang terdapat kancing, manik-manik atau aksesoris tajam juga wajib dihindarkan dari anak, terutama yang usianya dibawah 3 tahun karena berpotensi melukai anak. Selain itu, manik-manik bisa masuk ke mulut atau lubang tubuh lainnya, seperti hidung, telinga dan lainnya.

Mainan kayu yang menggunakan cat beracun

Pastikan periksa mainan anak sebelum membeli, karena bisa jadi mainan tersebut menggunakan cat beracun. Pilih yang berlabel Non Toxic yaa…

Balon

Balon juga kurang cocok untuk bayi dibawah satu tahun, karena jika pecah dapat membuat bayi kaget. Bahkan balon gas juga berpotensi sebabkan kebakaran jika berada didekat sumber api.

Mainan bertali panjang

Mainan bertali panjang juga wajib dihindari, karena berisiko sebabkan anak terjerat atau tercekik.

Mainan yang menggunakan listrik

Mainan yang menggunakan listrik juga wajib dihindarkan dari anak-anak, karena berpotensi membuat anak terkena sengatan aliran listrik.

Mainan berlubang

Mainan yang memiliki lubang juga harus dihindarkan dari anak, karena membuat jari anak terjebak didalamnya dan sulit dikeluarkan.

Mainan senjata yang dapat melukai anak

Ada banyak aneka mainan yang menyeruai senjata dan bisa berfungsi sebagaimana senjata aslinya, misalnya : panah, tembak berpeluru, pisau, dan lainnya. Pastikan hindari mainan tersebut karena dapat membahayakan anak.

Tips Memilih mainan anak yang aman

Sesuaikan dengan usia buah hati

Biasanya pada mainan terdapat label “recommended age”. Pilih sesuai dnegan usia buah hati Anda agar si kecil tidak hanya terhibur tapi juga mampu memainkannya.

Pilih mainan dari bahan yang baik

Pilihlah mainan dari bahan-bahan yang baik dan aman bagi buah hati Anda. Hindari memberikan mainan yang ada manik-maniknya untuk anak usia dibawah 3 tahun, karena berpotensi tertelan.

Pilihlah mainan yang ringan

Mainan untuk anak harus dipilih yang ringan, karena jika berat dapat berisiko melukai anak jika terjatuh mengenai tubuhnya.

Hindari membeli mainan berupa senjata yang berpotensi melukai anak

Ada banyak mainan yang berpotensi melukai anak, misalnya tembak-tembakan dengan peluru, panah dnegan ujungnya yang lancip, pisau, dan lainnya.

Hindari mainan yang mudah pecah

Mainan yang mudah pecah dapat mencederai anak, karena itu usahakan hindari yaa…

Pilih mainan yang bisa dicuci

Agar mainan bersih dan bebas bakteri, pilih mainan yang bsia dicuci yaa…
Setelah membaca informasi yang berjudul Awas, Ini Tujuh Mainan yang Berbahaya Bagi Anak diatas, sebaiknya para orang tua selektif memilih mainan untuk buah hatinya. Jangan hanya karena anak senang, lantas Anda dengan suka rela membelinya.