Tips Cerdas Kurangi Sakit Pada Saat Bayi Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi pertama pada bayi merupakan moment yang sangat ditunggu oleh para ibu. Mereka seringkali tidak sabar ingin melihat penampilan buah hatinya yang semakin lucu dengan gigi pertamanya. Namun sayang, moment tersebut biasanya dibarengi dengan berbagai masalah yang membuat ibu merasa kebingungan. Bagaimana tidak, tumbuh gigi pada bayi umumnya disertai dengan tanda-tanda yang membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel, misalnya : gusi bengkak, kemerahan, demam ringan dan masih banyak tanda-tanda lainnya.
Bagi wanita yang baru menjadi ib
Tips Cerdas Kurangi Sakit Pada Saat Bayi Tumbuh Gigi
Bagi wanita yang baru menjadi ibu, beberapa tanda dan gejala menjelang tumbuh gigi pada bayi seringkali membuat mereka merasa kebingungan. Untuk itu, sudah seharusnya mereka memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengurangi rasa sakit pada bayi saat tumbuh gigi. Meski begitu, para orang tua juga harus memahami dengan baik bagaimana tanda-tanda bayi tumbuh gigi. Karena bisa jadi, demam dan rewel yang dialami bayi bukan disebabkan karena masalah tumbuh gigi. Hem, apabila Anda sudah memahami dan yakin jika demam dan rewel pada bayi disebabkan tumbuh gigi, maka silahkan simak Tips Cerdas Kurangi Sakit Pada Saat Bayi Tumbuh Gigi, berikut ini :


Bayi suka menggigit

Ketika gigi pertama bayi tumbuh, mereka akan lebih suka menggigit sesuatu yang ada didekatnya. Hal itu, karena gusinya terasa gatal dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan biscuit khusus bayi yang mudah hancur ketika terkena air liur bayi.


Pijat gusi bayi

Saat tumbuh gigi, bayi seringkali merasa nyeri dan tidak nyaman. Untuk mengurangi nyeri, Anda bisa gunakan waslap bersih dan lembut yang dibasahi air hangat. Masukkan telunjuk Anda dan lakukan pijatan lembut/mengelus pada gusi bayi agar nyeri berkurang.

Berikan mainan karet yang aman

Selain biscuit, Anda juga bisa memberikan mainan karet yang aman dan bebas pewarna dan toksin. Jadi, Anda tidak perlu melarang bayi menggigit mainannya, karena dapat membuat mereka merasa nyaman.

Berikan ASI dan makanan bernutrisi

Rasa nyeri dan demam akibat tumbuh gigi seringkali membuat bayi kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasinya, Anda harus sabar dengan tetap memberikan ASI dan MPASI untuk buah hati Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman, ada baiknya konsultasikan ke dokter Anda.

Berikan Obat pereda demam

Tumbuh gigi umumnya disertai dengan demam ringan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan obat pereda demam atau obat demma khusus bayi tumbuh gigi yang ada di apotik.

Dengan Tips Cerdas Kurangi Sakit Pada Saat Bayi Tumbuh Gigi diatas, And atidak perlu merasa cemas lagi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.