Tips Memilih Bantal bayi Baru Lahir yang Aman

KehamilanCerdas - Bayi baru lahir membutuhkan perhatian ekstra dari orang tuanya maupun keluarga lainnya. Tidak hanya dari segi perawatannya, karena hal sekecil apapun yang berhubungan dengan bayi pasti tidak luput dari komentarm  salah satunya : bantal. Banyak yang bilang  jika  bantal bayi baru lahir harus yang U agar bentuk kepalanya bundar sempurna. Sementara itu bantal ketinggian akan menyebabkan kepalanya peyang atau miring. Sebenarnya, anggapan tersebut tidak  sepenuhnya benar, karena umumnya bentuk kepala bayi baru lahir memang belum sempurna akibat proses persalinan atau alat bantu prsalinan. Meski begitu, Anda tdiak perlu cemas, karena seiring berjalannya waktu bentuk kepala bayi akan sempurna dengan sendirinya.

Jadi, Anda tidak perlu sibuk memilih-milih bantal untuk bayi baru lahir, karena beberapa dokter anak justru menganjurkan agar tidak memberikan bantal apapun pada bayi baru lahir hingga usia 1 tahun. Nah, agar Anda lebih berhati-hati, simak beberapa bahaya menggunakan bantal bagi bayi baru lahir :

Bahaya Bantal untuk  bayi baru lahir

Bantal sangat berpotensi menyebabkan anak  sesak nafas
Bentuk bantal bayi yang U  membuat bayi susah menggerakkan atau membalik kepalanyam sehingga ketika mereka gumoh atau muntah dapat berisiko  membuat bayi tersedak.
Bantal menjadi salah satu pemicu sindrom kematian mendadak pada bayi atau yang biasa disebut SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome.

Tips Memilih Bantal Bayi yang Aman dan Nyaman

Jika Anda lebih percaya mitos yang banyak beredar tentang bentuk kepala peyang akibat bantal yang salah dan  memilih memberikan bantal pada bayi baru  lahir, maka simak tips-tips Memilih Bantal bayi Baru Lahir yang Aman berikut ini  
Gunakan bantal yang tipis sekali dan rata dengan tubuh bayi.
Jauhkan bantal dari bayi ketika malam hari atau ketika tidak diawasi.
Pilihlah bantal dengan isi yang tidak menyebabkan alergi
Bungkus bantal dnegan  kain yang halus dan lembut
Hindari  menggunakan  bantal  dengan  hiasan manik-manik atau bahan berbahaya  lainnya,
Bersihkan dan  pastikan bantal bayi dalam kondisi kering agar bebas dari  kontaminasi  kuman
Hem, ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika merawat bayi baru  lahir ya. Bahkan bantal saja  juga menjadi sesuatu yang harus diperhatikan  agar tidak membahayakan keselamatan bayi.  Semoga informasi yang berjudul Tips Memilih Bantal bayi Baru Lahir yang Aman diatas dapat bermanfaat bagi  kita semua.
Baca Artikel Keren Lainnya
Bayi Muntah? Kenali Penyebab dan Cara MengatasinyaKonsumsi 6 Makanan Ini Saat Hamil Bikin Kulit Bayi Putih Bersih
Tips dan Cara Mudah Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir
Bahayakah Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi?
Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan