Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Kehamilan Cerdas  Perut kembung termasuk satu hal yang sering dialami bayi.  Kondisi tersebut dapat menyebabkan bayi rewel karena tidak nyaman dan susah tidur. Penyebab perut kembung sendiri sangat beragam, diantaranya : cuaca dingin, makanan, minum susu dari botol, popok  bayi  basah, menggunakan kipas angin berlebihan, susu tidak cocok dan  lainnya. Apapun penyebabnya, kembung pada bayi  tentu  membuat orang tua merasa cemas dan ingin segera melihat senyum ceria buah hati kembali.
Perut kembung memiliki beberapa gejala, diantaranya : perut terlihat membesar,  teraba keras berbunyi khas seperti gendang, keringat dingin, bayi rewel dan susah tidur. Jika buah hati Anda  mengalami perut kembung, jangan panik dan bersikaplah tenang karena kepanikan Anda justru membuat bayi ikut bingung. Nah, jika bayi Anda mengalami perut kembung, segera atasi dengan cara mudah berikut ini :

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung  :

1. Oleskan Minyak Kayu putih atau telon

Mengoleskan minyak kayu putih sangat bermanfaat menghangatkan  tubuh bayi. Bagian tubuh  yang bisa dioleskan antara lain : perut, punggung, kelapak kakim telapak tangan, dan pelipis.

2. Kompres hangat pada perut bayi

Cara lain  yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung, yakni : kompres hangat. Caranya cukup dengan merendam handuk ke dalam air hangat, kemudian taruh diatas perut bayi.

3. Memberi air hangat

Selain mengompres hangat, Anda juga bisa meminumkan air hangat kepada bayi. Cara ini akan membantu bayi mengeluarkan gas dalam perutnya dan mengurangi kembung.

4. Pijat perut bayi

Pijat disini bukan berarti menekan bagian tubuh bayi sebagaimana pada orang dewasa. Akan tetapi cukup menggosok lembut perut bayi dari atas ke bawah dengan bantuan minyak kayu putih.

5. Menyendawakan bayi

Perut kembung juga bisa karena bayi tidak bisa sendawa.  Oleh karena itum gendong bayi dalam posisi berdiri dan kepala di pundak. Kemudian tepuktepuk punggungnya hingga  bayi sendawa. Cara ini akan membuat perut kembung  sembuh dan bayi merasa nyaman.

6. Segera periksakan ke dokter

Jika kembung tak juga berkurang dan disertai gejala mencurigakan, misalnya : demam, diare, dan lainnya. Segera periksakan kondisi  bayi ke dokter.
Hem, ternyata  banyak sekali penyebab kembung  pada bayi ya. Semoga informasi yang berjudul Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.