Cara Merawat Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil menjadi salah satu masalah yang mengganggu ibu hamil. Penyebab kaki bengkak saat hamil saat hamil sendiri sangat beragam, diantaranya : karena tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak cairan dan prosesnya juga lebih banyak sehingga menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak. Penyebab lainnya adalah karena membesarnya rahim yang akhirnya memeri tekanan pada pembuluh darah. Kaki bengkak saat hamil umumnya bisa sembuh sendiri setelah proses persalinan. Namun ibu hamil juga harus waspada ketika kaki bengkak disertai tanda-tanda mencurigakan lainnya, karena bisa jadi merupakan gejala preeklamsia. Diantara gejala preeklamsia yang harus diwaspadai, seperti : bengkak kaki/tangan/wajah, tekanan darah naik, sesak nafas, mual muntah, nyeri perut atas, kepala pusing, dan lainnya.

Cara Mengatasi kaki bengkak saat hamil

Kaki bengkak saat hamil seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman, karena itu sebisa mungkin harus segera diatasi. Nah, agar aktivitas Anda tidak terganggu gara-gara kaki bengkak saat hamil, sebaiknya simak beberapa tips untuk mengatasinya, berikut ini :

•    Rendam kaki dengan air hangat sebelum tidur

Merendam kaki dnegan air hangat sebelum tidur dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat ibu hamil lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

•    Kurangi aktivitas berdiri terlalu lama

Berdiri lama dapat membebani kaki, karena menopang beban yang berat sehingga kaki menjadi bengkak. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, pastikan kurangi kebiasaan berdiri lama.

•    Olahraga ibu hamil

Olahraga ringan juga wajib dilakukan oleh ibu hamil agar sirkulasi darahnya lebih lancar dan ibu terlihat bugar.

•    Hindari aktivitas yang memperparah kaki bengkak

Ada beberapa aktivitas yang justru membebani kaki dan memperparah bengkak, diantaranya : menggunakan sepatu hak tinggi, duduk dengan kaki menggantung, naik turun tangga, dan lainnya.

* Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi

Usahakan untuk menempatkan kaki lebih tinggi saat tidur, misalnya dnegan mengganjal bantal. Posiis kaki lebih tinggi dari jantung bermanfaat melancarkan sirkulasi darah sehingga darah tidak hanya berfokus pada kaki.

•    Pijat dengan lembut

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak pada kaki saat hamil adalah dengan melakukan pijatan lembut pada kaki yang bengkak. Pijatan lembut dapat membuat ibu rileks dan aliran darah lancer.
Semoga informasi yang berjudul Cara Merawat Kaki Bengkak Saat Hamil diatas dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan pastinya membuatnya nyaman menjalani kehamilannya.