Kenali Sembilan Perilaku Unik Bayi Baru Lahir

Anak merupakan anugerah yang luar biasa berharga dari Tuhan untuk pasangan suami istri. Kehadirannya tak hanya mengundang kebahagiaan, tapi juga kecemasan bagi orang tuanya, terlebih jika mereka baru menjadi orang tua baru. Hal itu jelas, karena umumnya bayi baru lahir memiliki perilaku yang unik dan mungkin membuat orang tua bertanya-tanya “apakah hal ini normal?”

Nah, agar Anda tidak penasaran atau cemas lagi dengan kondisi bayi Anda, pastikan kenali Sembilan perilaku unik bayi baru lahir berikut ini :

1.     Menangis

Menangis termasuk salah satu perilaku yang dilakukan bayi baru lahir. Jangan terlalu panik, karena saat menangis maka secara otomatis paru-parunya akan berfungsi. Menangis juga bisa jadi merupakan ekspresi bayi untuk menunjukkan kondisi dirinya, misalnya  : dingin, hangat, gelap, terang, sakit, lapar, dan lainnya. Justru jika bayi tidak menangis bisa dikatakan tidak normal dan patut diwaspadai.

2.    Terkejut/kaget

Kaget atau dalam istilah Jawanya “Njingkat”merupakan salah satu reflex alamiah. Ekspresi ini biasanya muncul saat mendengar suara keras, ada udara menyilaukan, terkena air saat mandi, dan lainnya. Refleks ini umumnya akan muncul pada bayi baru lahir hingga berusia 5 bulan. Tapi jika diusia lebih dari lima bulan, tapi reflex tersebut masih ada, maka perlu diwaspadai.

3.    BAB hitam kehijauan

Bayi baru lahir umumnya akan sering BAB yang berwarna hitam kehijauan selama 3-4 hari pertama. Tapi lama kelamaan setelah organ hati berfungsi sempurna, BAB  akan menguning dengan sendirinya. BAB/BAK pada bayi baru lahir snagatlah penting, karena itu jika bayi tidak BAB/BAK justru tidak normal dan hal itu patut diwaspadai.

4.    Kaki dan tangan menekuk

Tidka banyak orang tua yang tahu jika kondisi tangan dan kaki menekuk pada  bayi adalah hal yang normal.  Akibatnya  mereka sering membedong bayi kuat-kuat, karena takut hal itu berlanjut hingga dewasa. Padahal kondisi tersebut adalah normal, karena saat dalam kandungan bayi dalam posisi meringkuk sehingga butuh penyesuaian saja. Jadi tujuan membedong bukan untuk meluruskan, tapi hanya sekedar menghangatkan badan saja.

5.    Melihat keatas

Bayi baru lahir seringkali melihat keatas dan hal itu yang membuat para orang tua merasa cemas jika bayinya mengalami kelainan pada matanya. Padahal itu adalah normal, karena fungsi penglihatan bayi belum sempurna. Kelak ketika sudah normal, maka mereka tidak akan melihat ke atas lagi.

6.    Tersenyum

Bayi baru lahir seringkali tersenyum sendiri. Ada yang bilang hal ini karena lagi bermain sama Malaikat, namun apapun penyebabnya hal ini sangatlah normal  dan tidak perlu dicemaskan.

7.    Menggeliat

Bayi baru lahir juga seringkali menggeliat. Bayi menggeliat merupakan cara dia menggerakkan otot-ototnya. Hal ini sangatlah wajar dan jangan membuat ibu cemas berlebihan yaa!

8.    Gumoh atau muntah

Bayi gumoh adalah hal biasa dan tidak perlu dicemaskan. Refleks tersebut terjadi karena system pencernaan yang pendek sehingga gampang gumoh. Gumoh biasa terjadi karena kekenyangan atau setelah minum tidak disendawakan. Tapi jika gumohnya dibarengi dengan tersedak sehingga sebabkan bayi menangis bahkan biru, maka segera bawa ke dokter.

9.    Tidur terus

Bayi baru lahir suka sekali tidur, bahkan jika tidak dibangunkan bisa seharian penuh. Hal ini normal dan jangan cemas, tai jangan lupa tetap bangunkan untuk minum ASI ya, Bunda!
Setelah mengetahui sembilan perilaku unik bayi baru lahir diatas, pastinya para  ibu tidak akan merasa cemas atau takut saat merawat  dan mendampingi tumbuh kembang buah hatinya. Semoga bermanfaat yaa!