Kenali Risiko Bahaya Akibat Telat Ganti Diaper Bayi

Jika disuruh memilih antara popok kain atau diaper, manakah yang lebih Anda sukai? Kebanyakan ibu pasti akan lebih memilih diaper, karena lebih praktis dan efisien. Diaper memang sangat membantu pekerjaan para ibu, namun sayangnya  sebagian ibu seringkali lupa waktu saat memakaikan diaper pada bayinya. Padahal ada banyak risiko bahaya yang siap menimpa buah hati akibat telat mengganti diaper. 

Bisa dibayangkan, betapa ruginya jika hanya karena telat ganti diaper lantas buah hati tercinta harus merasakan sakit atau risiko fatal lainnya. Bagaimana tidak, maunya hemat dan santai, tapi justru lelah karena anak menjadi rewel dan tidak nyaman karena merasakan sakit atau tidak nyaman akibat telat ganti diaper. Nah, agar buah hati Anda terhindar dari risiko bahaya akibat telat ganti diaper, baiknya simak bahayanya berikut ini :

1.    Keputihan

Penggunaan diaper terlalu lama akan membuat kulit bayi sulit bernafas yang berakibat menjadi lembab. Sementara itu, lembab menjadi tempat paling disukai jamur yang jika tidak diatasi dapat berpotensi sebabkan keputihan pada bayi.

2.    Ruam popok

Ruam popok terjadi akibat peradangan pada kulit akibat terlalu lama tertutup popok atau biasa juga karena terlalu lama kontak dnegan urine atau tinja bayi. Ruam umumnya ditandai dengan kulit kemerahan hingga munculnya bintil berair. Cara mengatasnya, tentu dengan memastikan bahwa kondisi kulit bayi haruslah kering dan bersih.

3.    Infeksi saluran kencing

Telat ganti diaper bisa berbahaya sekali, terutama jika bayi sedang BAB atau BAK. Kotoran bayi yang mengandung E coli bisa dengan mudah tercampur kencing dan berpotensi mengenai kem*luan bayi. Hal inilah yang berisiko memicu penyakit infeksi saluran kencing.

4.    Infeksi bakteri dan jamur

Kulit bayi yang terlalu lama tertutup diaper membuat kondisinyalembab dan hangat. Hal itulah yang membuat bakteri dan jamur suka berkembang biak dan akibatkan infeksi bakteri dan jamur.
Dengan mengetahui bahayanya, pastinya para ibu akan lebih berhati-hati dan waspada lagi saat mendampingi tumbuh kembang buah hatinya. Semoga informasi yang berjudul Kenali Risiko Bahaya Akibat Telat Ganti Diaper Bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.