Tujuh Alasan Kenapa Bayi Wajib Menyusu Setiap Malam

Setelah melahirkan, ibu pasti merasakan susahnya tidur nyenyak. Bagaimana tidak, selain melindungi bayi dari hal yang membuat bayi tidak nyaman (misal : cuaca dingin/panas, BAB/BAK), ibu juga harus aktif menyusui bayi setiap dua jam sekali. Selain itu, umumnya bayi memiliki jadwal tidur yang berbalik dari orang tua, yakni tidur pulas di pagi hari dan terjaga di malam hari. Kebiasaan ini biasanya akan berlangsung hingga bayi berusia tiga bulan, dimana rutinitas tidur bayi sudah mulai terbentuk. Ternyata hal yang paling berat bagi kebanyakan ibu adalah saat harus begadang di malam hari untuk menyusui sang buah hati. Tapi tahukah Anda jika ternyata perjuangan ibu bangun untuk menyusui bayi dimalam hari tidaklah sia-sia, karena didalamnya ada manfaat yang luar biasa bagi bayi dan tentunya bagi Anda sendiri. 
Dengan memahami manfaatnya, para ibu akan lebih semangat bangun malam untuk menyusui bayinya. Agar lebih jelasnya, simak tujuh manfaat menyusui bayi di malam hari berikut ini :

ASI lebih banyak mengandung triptofan di malam hari

Satu alasan utama ibu wajib menyusui dimalam hari, karena Air Susu Ibu (ASI) mengandung lebih banyak asam amino esensial triptofan. Triptofan sangat dibuthkan bayi untuk tumbuh kembangnya dan membantu meningkatkan kualitas tidur bayi.

Meningkatkan berat badan bayi lebih cepat

Siapa sich yang tidak bahagia melihat bayi yang tumbuh sehat dan gemuk? Ternyata dibandingkan siang hari, bayi lebih banyak menyusu di malam hari. Minum ASI dimalam hari dapat meningkatkan berat badan bayi secara signifikan.

Meningkatkan produksi ASI

Menyusui dimalam hari dapat meningkatkan hormon prolactin, dimana hormon tersebut sangat bermanfaat merangsang produksi ASI. Jadi, semakin banyak menyusui dimalam hari, maka semakin meningkat pula produksi ASI Anda keesokan harinya.

Membuat bayi tidur lebih nyenyak

ASI dimalam hari mengandung asam amino triptofan yang tinggi sehingga bermanfaat merangsang bayi untuk tidur lebih nyenyak dan meningkatkan fungsi otak bayi.

Lindungi bayi dari berbagai masalah kesehatan

Satu lagi alasan pentingnya menyusui dimalam hari adalah dapat meminimalisir risiko terkena berbagai masalah kesehatan, msialnya penyakit kuning atau jaundice dan sindrom kematian bayi mendadak. Berikan hanya ASI esklusif dan dengan durasi yang lama ya, Bunda.

Bermanfaat sebagai KB alami

Ibu yang rutin menyusui setiap malam tidak perlu cemas dengan program KB apa yang harus diikuti. Karena kadar prolactin yang hadir saat menyusui malam dapat menekan siklus menstruasi Anda. Jadi bisa disimpulkan jika menyusui secara rutin dimalam hari dapat menjadi KB alami dan aman bagi para ibu.

Membuat hati ibu lebih tenang dan nyaman

Menyusui dimalam hari membuat ikatan batin antara ibu dan bayi lebih kuat, mengurangi kegelisahan bayi sehingga bayi lebih tenang dalam tidurnya, dan yang pasti mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan pada payudara. Perasaan tenang dan nyaman yang dialami ibu tentu akan membuat ibu lebih happy dan ikhlas mendampingi sang buah hati tercinta.

Tips membangunkan bayi untuk menyusui di malam hari

Bayi tidur bukanlah alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI, apalagi jika sudah waktunya dia minum susu. Bangunkan bayi dengan penuh cinta untuk menyusu, yakni :
  • Usap pipi atau punggungnya.
  • Gelitiki kakinya dengan lembut
  • Panggilah namanya dengan penuh cinta dan katakana bahwa ini waktunya menyusu
  • Jika masih susah juga, cobalah pencet pay*dara ibu dan oleskan ASI pada mulutnya.
Hem, selain yang disebutkan diatas, pastinya ibu pasti memiliki cara yang lebih ampuh untuk membuat si kecil bangun dan mau menyusu hingga kenyang. Okey dech, semoga informasi yang berjudul Tujuh Alasan Kenapa Bayi Wajib Menyusu Setiap Malam diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa jaga kesehatan Anda ya!