Tips dan Rahasia untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

KehamilanCerdas - Hampir semua ibu pasti ingin memberikan ASI esklusif kepada bayinya, bukan? Namun sayangnya banyak sekali factor yang membuat ASI tidak lancar sehingga proses menyusui jadi kurang optimal. Alasan itulah yang membuat ibu memutuskan untuk memberikan susu formula pada bayinya. Padahal semua juga tahu bahwa hanya ASIlah makanan dan minuman terbaik bagi bayi baru lahir. Tahukah Bunda, bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan agar sukses menyusui sang buah hati tanpa ada kendala. Jadi, persiapan tersebut tidak hanya dilakukan pasca melahirkan, tapi juga pada saat kehamilan. Nah, agar lebih jelasnya, simak tips dan rahasia untuk ibu menyusui agar ASI lancar, berikut ini : Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging kambing? Tentu Saja, Tapi Ini 7 Syaratnya
agar ASI lancar/youtube.com

Persiapan saat hamil

Saat hamil, ibu bisa melakukan beberapa persiapan untuk masa menyusui kelak, diantaranya : membersihkan kotoran pada putting menggunakan kapas dan air hangat, baby oil, minyak kelapa dan lainnya. Bersihkan hingga terlihat lubang-lubang kecil seraya dipencet lembut. Jika putting masuk kedalam, ibu bisa mulai menarik keluar serta melakukan pijatan lembut untuk melancarkan sirkulasi darah. Cara Membedakan Kontraksi Asli dan Kontraksi Palsu

Setelah persalinan

Tetap bersihkan putting sembari dipencet untuk merangsang keluarnya ASI. Jangan kaget jika ASI yang pertama keluar masih bening dan sedikit karena meski sedikit namun kandungan ASI tersebut sangatlah bermanfaat bahkan mengenyangkan bayi.

Konsumsi makanan dan minuman yang melancarkan ASI

 ibu hamil harus menyiapkannya  kualitas dan kuantitas ASI yang baik itu tak bisa dilepaskan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Alasan itulah yang membuat bususui wajib selektif dalam memilih makanan/minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Agar ASI senantiasa lancar dan mengenyangkan bagi bayi, sebaiknya ibu menyusui mengonsumsi beberapa makanan/minuman, berikut ini :

•    Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi penting, salah satunya asam folat yang sudah terbukti ampuh membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Beberapa sayuran hijau yang direkomendasikan untuk bususui, antara lain : daun katuk, daun papaya, bayam, brokoli, dan lainnya.

•    Ikan laut

Ikan laut, seperti salmon bisa menjadi pilihan wajib bagi ibu menyusui karena kandungan DHA sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan system saraf bayi. Selain itu, kandungan dalam salmon juga baik untuk memperbaiki suasana hati agar terhindar dari baby blues.

•    Kurma atau sari kurma

Kurma termasuk satu jenis makanan kaya gizi yang membantu melancarkan produksi ASI. Anda bsia menjadikan kurma sebagai cemilan atau sari kurma sebagai campuran minuman atau olesan roti.

•    Telur

Telur sangat kaya DHA yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI dan juga tumbuh kembang bayi. Agar lebih sehat, ibu bisa pilih telur organic.

•     Susu

Susu merupakan minuman yang wajib dikonsumsi ibu menyusui, karena selama proses menyusui, ibu akan kehilangan banyak kalsium untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Minum susu membantu ibu mencukupi kebutuhan kalsium hariannya.

•    Air putih

Menyusui membuat ibu kehilangan banyak airan, maka itu pastikan cukup minum air putih agar terhindar dari dehidrasi yang dapat membahayakan ibu dan bayi.
Memahami apa yang harus dikonsumsi selama menyusui membuat para ibu lebih bugar dan semangat memberikan ASI pada si buang hati. Semoga bermanfaat
Latest