Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Janin

KehamilanCerdas - Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin dalam kandungan akan mengalami beberapa tahapan penting. Dengan memahami setiap tahapan perkembangan janin, maka orang tua akan lebih mudah dalam menghadapi kehamilannyaagar kelak mereka mudah mempersiapkan dirinya, baik secara fisik maupun psikis. Selain itu, dengan mengetahui setiap tahap perkembangan janin, maka para orang tua akan semakin merasa takjub dan bertambah rasa syukur atas Karunia-Nya.
Bagi ibu yang sudah pernah hamil, hal ini mungkin tidak begitu penting. Sebaliknya bagi ibu yang baru pertama kali menjalani kehamilan, mereka wajib tahu, beberapa tahap perkembangan janin, misalnya : kapan mulai merasakan gerakan janin, apa yang terjadi pada trimester 1, II, dan II, dan lain sebagainya. Ingin tahu bagaimana tahapan perkembangan janin? Simak kelanjutan artikel yang berjudul Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Janin, berikut ini :

Trimester 1 (0-12 minggu)

Pada masa ini terjadi dari minggu ke-0 hingga 12 minggu. Dalam fase ini, kondisi ibu hamil akan dibagi menjadi beberapa tahapan lagi, diantaranya : periode germinal (0-2 minggu), yakni : terjadinya pembuahan telur oleh sperma, periode embrio (3-8 minggu), yakni suatu proses terbentuknya sistem syaraf pusat, organ-organ utama tubuh, dan periode fetus (9-12 minggu), suau kondisi dimana seluruh organ-organ penting dalam tubuh janin mulai tumbuh dan saling berkaitan.

Trimester 2 (minggu ke-13 hingga 27)

Trimester 2 pada ibu hamil terdiri dari beberapa minggu. Fase ini merupakan proses dimana terjadi percematan dan pematangan fungsi organ tubuh dan seluruh jaringan pada tubuh janin. Bisa dilihat pada minggu ke-13 hingga ke 16, dimana fase ini terjadi satu proses  penyempurnaan bentuk dari organ mata, telinga, dan organ tubuh lainnya. 
Dan, pada minggu ke 17-20, Anda bisa meminta dokter untuk menunjukkan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Pada minggu ini, kulit tubuh bayi Anda mulai ditumbuhi bulu halus yang disebut lanugo. Sementara itu, sistem pencernaan janin mulai berfungsi dan janin sudah mulai bisa mendengar dan mengenali pantulan suara dari luar rahim, misalnya : suara ibu, dan detak jantung ibu,.

Trimester 3 (28-40 minggu)

Pada tahap ini, janin dalam kandungan akan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat, dimana tubuhnya akan bertambah montok dan gerakannya semakin kuat. Pada fase ini, akan terjadi pematangan fungsi paru-paru dan posisi janin juga mulai turun ke jalan lahir. Jadi, pada akhir minggu ini, janin dalam kandungan Anda sudah siap menunggu waktu yang tepat untuk dilahirkan.
Hem, dengan mengetahui setiap tahapan perkembangan janin, dijamin ibu akan semakin cinta dan rindu akan datangnya hari perjumpaan dnegan si buah hati. Semoga informasi yang berjudul Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Janin diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Kenali Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan
7 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menjemur Bayi
Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi
Kenali Lima Jenis Keguguran pada Ibu Hamil Muda
Keguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya Pencegahan