Tanda Lahir pada Bayi, Ini Penyebabnya

Bayi Anda memiliki tanda lahir? Tanda lahir bisa muncul saat lahir atau setelah beberapa minggu setelah bayi dilahirkan. Tanda lahir bisa muncul dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran, serta bisa ditemukan di bagian manapun pada tubuh bayi, dari mulai wajah, tangan, punggung, paha, kaki, dan lainnya. Keberadaan tanda lahir pada tubuh bayi seringkali memicu kekhawatiran dan ketakutan tersendiri bagi para orang tua, terutama jika muncul di area tubuh yang terlihat. Mereka takut jika tanda lahir itu bisa semakin membesar bahkan berbahaya. Tak jarang beberapa orang tua berusaha menghilangkannya, baik dengan cara alami maupun dengan tindakan operasi. Mungkin tidak semua orang tahu, apa yang menjadi penyebab munculnya tanda lahir? Karena itu, simak terus penjelasannya dalam artikel ini ya..

Mitos tanda lahir

Ada beberapa mitos yang menyebutkan jika munculnya tanda lahir disebabkan karena kebiasaan menyiram air panas sembarangan, misalnya : ke lubang semut. Namun ada juga yang menyebutkan karena orang tua pernah menyakiti binatang. Alasan itulah yang membuat para orang tua melarang ayah/ibu menyakiti binatang apapun selama hamil. Namun hal ini tentu cuma mitos belaka yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Bentuk tanda lahir

Tanda lahir bisa muncul dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Ada yang menonjol, ada yang berupa bercak tipis, dan lainnya. Untuk warnanya, ada yang merah, cokelat, putih, biru, hingga hitam yang tentunya dengan ukuran yang beragam pula.

Bagaimana tanda lahir bisa muncul?

Munculnya tanda lahir disebabkan kelainan kulit, dimana terdapat kelebihan dari komponen normal kulit yang ada di area tertentu. Komponen berlebih tersebut bisa mencakup banyak hal, diantaranya : kelenjar keringat, pembuluh darah, sel pigmen, pembuluh limfa, folikel rambut, kolagen, elastin, dan komponen kulit lainnya.

Tanda lahir bukan Keturunan

Hampir semua orang memiliki tanda lahir di bagian tubuhnya yang bentuk, ukuran maupun warnanya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Munculnya tanda lahir ini bukan karena faktor keturunan, tapi muncul secara spontan.

Apakah tanda lahir bisa dihilangkan?

Tanda lahir ada yang bisa hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia, namun adapula yang menetap bahkan warnanya jauh lebih terang dan membesar. Meski ada beberapa tanda lahir yang tidak berbahaya, namun kita patut waspada karena adapula yang sebabkan komplikasi. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan tanda lahir, terutama yang disertai dengan munculnya gejala serius. Segera periksakan ke dokter ketika mendapati hal-hal mencurigakan pada anak Anda.