Kapan Ibu Hamil Bisa Mulai Merasakan Gerakan Bayi?

Kehamilan bisa dikatakan sebagai moment menakjubkan yang dialami oleh para wanita. Bagaimana tidak, dalam perut yang mungkin dulunya sangat langsing dan indah, sedang ada yang tumbuh dan terus berkembang, yang tak lain adalah bayinya sendiri.  Seiring membesarnya janin dalam kandungan, sang ibu akan turut merasakan gerakan bahkan tendangan yang kuat dari dalam perutnya. Indah sekali bukan? Moment ini banyak sekali dinantikan oleh ibu hamil, terutama yang baru pertama kali menjalani kehamilannya. Banyak ibu yang bertanya, kira-kira kapankah ibu hamil bisa merasakan gerakan janin dalam kandungan?  

Kapan ibu hamil bisa merasakan gerakan janin?

Sebenarnya bayi dalam kandungan sudah mulai bergerak dari mulai kehamilan usia 7-8 minggu, namun ibu belum bisa merasakannya. Pada usia tersebut, gerakan bayi umumnya baru bisa dilihat dengan ultrasound. Baru pada usia kehamilan antara minggu ke-16  hingga ke-22 atau trimester kedua, ibu baru bisa merasakan gerakan halus dari bayi. Bagi yang belum pernah merasakan, pastilah mereka sangat penasaran, bagaimana rasanya gerakan bayi? Rasanya tentu sangat amazing, karena kadangkala rasanya mirip seperti kedutan dalam perut, kadangpula gerakan bayi membuat perut kempes separuh, bahkan kadangkala gerakan janin seperti sedang menendang keras.
Tingkah polah bayi dalam kandungan tersebut seringkali membuat ibu merasa lebih gemas dan tidak sabar untuk menantikan masa persalinan. Jika gerakan bayi terlalu keras, ibu bisa mengelus dan mengajaknya berkomunikasi. Bahkan pada moment ini, ibu bisa mulai menstimulasi dan mengenalkan janin dalam kandungan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Gerakan bayi pada wanita yang sudah pernah hamil

Bagi ibu yang pertama kali hamil, mereka bisa saja lambat menyadari kalau “rasa aneh”di perutnya adalah gerakan bayinya. Namun bagi ibu yang sudah pernah hamil, mereka pasti sudah pengalaman dan tahu kalau ada yang bergerak-gerak didalam perutnya. Jadi umumnya, mereka akan mulai merasakan gerakan janin lebih cepat atau sebelum usia kehamilan 16 minggu.

Gerakan bayi akan berkurang menjelang persalinan

Gerakan janin akan semakin keras ketika kehamilan semakin membesar dan umumnya akan berkurang saat menjelang persalinan. Hal itu karena ukuran janin semakin membesar dan ruang geraknya dalam rahim mulai terbatas sehingga gerakan memutarnya mulai berkurang frekuensinya.

Agar janin dalam kandungan aktif bergerak

Anda bisa memancing janin dalam kandungan untuk bergerak, diantaranya :
•    Makan dan minum
•    Belai perut Anda lebih lama, pasti bayi akan merespon dnegan gerakan
•    Berbaringlah ke sisi kiri agar rahim tidak menekan aorta dna pembuluh darah
•    Beristirahat atau relaks dapat memancing gerakan janin
Semoga informasi yang berjudul Kapan Ibu Hamil Bisa Mulai Merasakan Gerakan Bayi? Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.