Bahaya Makan Pedas Saat Hamil

KehamilanCerdas - Kehamilan adalah anugerah terindah bagi semua wanita, sehingga banyak pasangan yang teraman merindukan moment ini. Bukan rahasia lagi jika saat hamil, ada banyak sekali pantangan-pantangan yang harus dipatuhi. Bahkan saking banyaknya, hingga membuat sebagian calon ibu tidak bisa membedakan mana yang mitos dan mana yang fakta. 

Bahaya Makan Pedas Saat Hamil

Salah satu pantangan yang cukup populer saat hamil adalah tentang larangan makan pedas saat hamil. Ada yang menyebutkan jika kebiasaan makan pedas saat hamil bisa membuat bayi menjadi rembes alias matanya bermasalah. Kira-kira, benarkah pernyataan tersebut?

Bahaya Makanan Pedas untuk Janin

Ternyata kebiasaan makan pedas saat hamil bukanlah hal yang perlu dicemaskan, karena tidak banyak mempengaruhi bayi dalam kandungan. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipatuhi ibu hamil, yakni : tidak boleh berlebihan. Kalaupun ibu hamil suka menikmati makanan pedas, pastikan diimbangi dengan asupan nutrisi yang penting bagi kehamilan dan janin dalam kandungan.

Bahaya Makanan Pedas untuk ibu hamil

Meski makanan pedas tidak membahayakan janin dalam kandungan, namun jika berlebihan dapat membahyakan ibu hamil, diantaranya dapat sebabkan gejala morning sicknes, yakni : mual, muntah, sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, ada satu bahaya yang patut diwaspadai dari hoby mengonsumsi makanan pedas pada ibu hamil, yakni sebabkan kontraksi. Hem, bagaimana bisa? Mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan pada ibu hamil dapat sebabkan terlepasnya hormon prostaglandin dalam jumlah tinggi yang berpotensi sebabkan kontraksi. Jika hal ini terjadi terus menerus, tentu akan mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Makanan Pedas yang aman bagi ibu hamil

Meski boleh menikmati makanan pedas, namun pastikan makanan yang dinikmati tidak mengandung zat berbahaya, misalnya: pengawet, pewarna, dan juga penyedap berlebihan. Selain itu, pastikan hindari makanan pedas yang dibuat dari bahan makanan yang berpotensi membahayakan kehamilan dan janin, diantaranya : olahan daging mentah, ikan mengandung mercuri.

Setelah membaca informasi tentang Bahaya Makan Pedas Saat Hamil diatas, pastilah Anda bisa lebih bijak menimbang mana yang lebih baik dan tidak untuk dikonsumsi selama kehamilan. Salam sehat!