Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kehamilan Cerdas - Belakangan ini lagi ramai pembahasan tentang virus Zika. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa virus Zika merupakan virus demam ringan yang ditularkan oleh nyamuk. Tahukah Anda jika virus Zika sangat berbahaya jika menyerang ibu hamil, karena ibu hamil yang terinfeksi virus zika dapat menularkan pada janin dalam kandungan. Akibatnya, janin yang sudah terinfeksi virus zika dari ibunya akan mengalami cacat serius, salah satunya Mikrosefali. Hem, kira-kira bagaimana janin dengan kondisi mikrosefali tersebut? Agar lebih jelasnya, simak terus kelanjutan artikel yang berjudul Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin ini. 

Bagaimana kondisi bayi yang dilahirkan ibu yang terinfeksi virus zika?

Kebanyakan bayi yang terinfeksi virus zika melalui ibunya akan terlahir dengan kondisi mikrosefali, dimana bayi mengalami cacat serius yang mengakibatkan masalah pada fisiknya, misalnya : kemampuan bicaranya lambat, tumbuh embangnya terhambat, keterbelakangan mental dan lainnya.

Apa yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mencegah virus zika?

Upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan virus zika tentunya dengan menghindari perjalanan ke wilayah yang tengah diserang virus zika. Selain itu, pastikan Anda melakukan upaya pencegahan sederhana, berikut ini :
Gunakan pakaian panjang agar terhindar dari gigitan nyamuk
Gunakan obat nyamuk yang aman bagi ibu hamil dan menyusui
Gunakan kelambu atau jarring nyamuk untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam kamar Anda.

Gejala serangan virus zika yang wajib diwaspadai

Jika Anda mengalami beberapa gejala mencurigakan, segera kunjungi dokter untuk memeriksakan diri. Adapaun beberapa gejala yang wajib diwaspadai, antara lain :
Demam ringan
Sakit kepala
Mata memerah
Nyeri persendian yang berubah menjadi bengkak
Otot terasa nyeri
Muncul ruam-ruam di kulit
Kelelahan dan mudah marah
Gangguan pencernaan, msialnya : diare, sakit perut dan sembelit.
Selalu waspada jauh lebih baik untuk menghadapi fenomena virus zika ini. Jangan pernah menganggap enteng virus ini, karena akibat yang ditimbulkan benar-benar serius bagi ibu hamil dan janin. Semoga informasi yang berjudul Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

Kenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil
Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya