Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

KehamilanCerdas - Saat hamil, seorang ibu harus selalu waspada dengan apapun perubahan yang terjadi pada dirinya, karena dikhawatirkan dapat membahayakan kehamilan. Salah satu masalah yang seringkali dialami ibu hamil adalah perut kencang. Bagi  ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, kondisi ini tentu sangat  menghawatirkan. Perut kencang saat hamil biasa terjadi pada saat kehamilan masuk trimester akhir, karena pertumbuhan Rahim yang terus mendorong otot perut. Meski begitu, perut kencang juga bisa menimpa ibu hamil pada trimester kedua dan ini patut diwaspadai karena jika berlebihan dapat memicu kelahiran premature. 

Penyebab perut kencang saat hamil

Penyebab perut kencang saat hamil sangat beragam, karena itu, dengan mengetahui penyebabnya tentu akan memudahkan cara mengatasinya. Nah, agar lebih jelasnya, simak beberapa penyebab perut kencang saat hamil dan cara mengatasinya berikut ini  :

Gerakan janin dalam perut

Gerakan janin yang terlalu aktif dalam perut seringkali membuat perut terasa kencang. Namun kondisi ini tentu tidak membahayakan ibu hamil, jadi tidak perlu cemas dan takut ya…

Hamil kembar

Kehamilan kembar juga seringkali membuat ibu merasa cemas, karena seringkali terasa kencang. Oleh karena itu pastikan selalu memantau kehamilan ke dokter Anda.

Aktivitas berat

Saat hamil, usahakan untuk banyak istirahat, karena aktivitas harian ibu hamil yang terlalu berat dapat memicu kandungan turun dan perut kencang.

Perut kembung akibat gas berlebih

Akibat mengonsumsi makanan tertentu, ibu hamil mengalami perut kembung yang membuat ibu merasa tidak nyaman atau kesakitan. Jika rasa tidak nyaman bisa diatasi dengan istirahat atau mengoleskan minyak kayu putih, maka Anda tidak perlu cemas lagi.

Kontraksi palsu (Braxton hicks), biasanya terjadi ketika usia kehamilan 6 mingu

Meski hanya kontraksi palsu, namun Anda patut mewaspadainya jika terjadi beberapa kali dan menimbulkan rasa sakit. Kontraksi palsu yang tidak perlu dikhawatirkan apabila terjadi hanya sesekali dan tidak menyakitkan.

Kontraksi persalinan

Kontraksi persalinan sudah tentu wajib diwaspadai karena akan mengantarkan Anda pada detik-detik mendebarkan kelahiran buah hati. Kontraksi persalinan umumnya diawali dengan keluarnya lendir kehamilan, lalu beberapa jam kemudian, Anda akan mulai merasakan perut kencang atau kontraksi yang frekuensinya semakin cepat dan menyakitkan. Jika jarak kontraksi mulai pendek, sialhkan bersiap-siap pergi ke dokter yaa…

Cara Mengatasi perut kencang saat hamil

Ketika mengalami perut kecangm ibu hamil bisa melakukan upaya sederhana untuk mengatasinya, yakni :
1. Mandi air hangat agar rileks dan tenang
2. Oles lembut perut menggunakan lotion atau minyak zaitun agar perut tidak tegang
3. Pilih posisi tidur yang nyaman
4. Hindari aktivitas berat
5. Istirahat cukup
Hem, ternyata kita tidak perlu cemas dan tidak boleh pula meremehkan perut kencang saat hamil. Semoga informasi yang berjudul Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat  bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Anak Cerdas Sejak DiniAwas! Ini Lima Buah yang Sebabkan Keguguran
Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Hamil Bikin Kulit Bayi Putih BersihCara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi