Tips Aman Makan Mie Instan Bagi Ibu Hamil

Siapa sich yang tidak tergoda dengan rasa nikmat dari Mie Instant yang lezat? Apalagi saat ini semakin banyak varian mie instant. Ternyata pesona mie instant mampu menggoda siapa saja, termasuk ibu hamil. Padahal ibu hamil kan harus selektif memilih makanan, karena dia tidak hanya wajib memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dirinya, tapi juga janin dalam kandungan. Kira-kira boleh nggak nya ibu hamil makan mie instan? Nah, sebelum kita mengetahui apakah mie instan boleh dikonsumsi atau tidak oleh ibu hamil, sebaiknya kita kenali terlebih dulu apa saja sich bahan-bahan yang terdapat dalam mie  instant.
Kebanyakan mie instant dibuat dari bahan tepung, garam, cabai kering, minyak, sayuran kering, dan mungkin tambahan bahan lainnya, seperti penguat rasa dan pengawet. Dibalik kemasan beberapa mie instant terdapat daftar komposisi yang ada dalamnya, diantaranya: karbohidrat, lemak, vitamin A, B1, B6, B12, C, Serat, asam folat, zat besi dan kalsium. Zat-zat gizi tersebut sangat dibutuhkan untuk kehamilan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.  Meski tertulis mengandung nutrisi lengkap, sayangnya jumlahnya sangat minim sehingga kurang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian ibu hamil.

Tips Aman Makan Mie Instan bagi Ibu Hamil

Meski aman, bukan berarti ibu hamil bisa mengonsumsinya setiap hari, lho. Tapi hanya boleh sesekali saja, itupun harus disiasati dengan menambahkan beberapa bahan terbaik, seperti : sayuran, telur, ayam, udang, dan lainnya. Selain mengonsumsi mie instan, ibu hamil juga tetap wajib mengonsumsi makanan yang bergisi seimbang, seperti : buah, susu, daging, biji-bijian dan lainnya.

Cara Masak Mie Instan yang aman bagi ibu hamil

Untuk mengurangi kadar lemak, MSG dan zat-zat lain yang kurang baik bagi ibu hamil, sebaiknya simak cara masak mie instan yang aman bagi ibu hamil, berikut ini :
1.    Rebus mie dan buang air rebusan pertamanya
2.    Masukkan bumbu sebanyak ½ porsi dari biasanya atau Anda bsia menambahkan kuah lebih banyak dari biasanya
3.    Campurkan mie dengan bahan pelengkap yang segar dan bernutrisi, seperti : sayuran, telur, ayam, dan lainnya
4.    Konsumsi mie dalam dalam wadah yang aman dan foodgrade, karena wadah plastic dapat berisiko merusak kesehatan
Cerdas memilih makanan akan membuat ibu hamil sehat dan kehamilannya berjalan normal hingga proses persalinan tiba.