Tujuh Hal yang Harus Dilakukan Pasca Melahirkan Caesar

Tujuh Hal yang Harus Dilakukan Pasca Melahirkan Caesar - Bagi ibu yang baru pertama kali menjalani proses persalinan Caesar, pastilah mereka akan sangat berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Berbeda dengan persalinan normal yang proses pemulihannya jauh lebih cepat, ibu yang menjalani persalian Caesar umumnya masih harus berjuang melawan rasa tidak nyaman pada tubuhnya, misalnya :  luka jahitan atau bisa juga bekas suntikan anastesi yang kadangkala menimbulkan nyeri di punggung. Jika ibu yang melahirkan secara normal bisa langsung beraktivitas, maka ibu yang menjalani persalinan Caesar harus melakukan beberapa hal ini agar kesehatannya segera pulih dan bisa menjalani aktivitasnya dengan normal. Apa sajakah yang harus dilakukan ibu pasca melahirkan Caesar? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Makanan bernutrisi tidak hanya bermanfaat meningkatkan energy, tapi juga mempercepat penyembuhan luka dan melancarkan ASI. Beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi, antara lain : makanan kaya protein, zat besi, serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya.

Merawat Luka operasi

Luka operasi harus dirwat dengan baik agar cepat sembuh dan terhindar dari risiko infeksi. Adapun perawatan yang bisa dilakukan, antara lain : mengganti plester anti air setiap hari, mengoleskan salep yang direkomendasikan dokter, minum obat secara teratur, jangan menggaruk luka, tidak lakukan pijat, dan lainnya.

Hindari mengangkat berat

Pasca-melahirkan secara Caesar ataupun normal, wanita disarankan untuk tidak mengangkat berat karena berisiko sebabkan masalah pada perut. Bagi yang melahirkan Caesar, mnegangkat berat berisiko sebabkan tekanan kuat pada perut dan infeksi.

Lakukan gerakan ringan

Meski tubuh terasa tidak nyaman pasca Caesar, namun bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Lakukan gerakan-gerakan ringan agar tubuhmu lebih bugar dan tidak kaku, serta sirkulasi darah lebih lancar misalnya : jalan-jalan, dan gerakan ringan lainnya.

Penuhi kebutuhan cairan

Minum air putih yang cukup tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI.

Tidur dengan posisi nyaman

Pasca Caesar, ibu seringkali merasa kurang nyaman saat tidur, karena luka jahitan yang kadang terasa nyeri ketika posisi tidur tidak tepat. Hindari tidur tengkurap karena sebabkan tekanan pada perut, sebaiknya tidur posisi miring agar nyaman dan mempercepat penyembuhan luka Caesar.

Kenakan pakaian yang nyaman

Memilih pakaian yang nyaman dan longgar sangat bagus untuk ibu pasca melahirkan Caesar, karena pakaian ketat hanya akan sebabkan tekanan pada rahim dan luka yang akhirnya luka lebih lama sembuhnya.
Semoga informasi yang berjudul Tujuh Hal yang Harus Dilakukan Pasca Melahirkan Caesar diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.