Waspadai Tujuh Penyakit yang Sering Menyerang Bayi Baru Lahir

Merawat bayi baru lahir bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena itu tak heran jika banyak ibu baru yang merasa belum sanggup mengurus bayinya sendiri. Ada yang menggunakan jasa bidan, baby sitter, ada pula yang terpaksa diurus oleh neneknya sendiri. Bayi baru lahir membutuhkan perlakuan khusus, karena system imun tubuh bayi baru lahir juga belum sempurna sehingga rentan terkena infeksi bakteri penyakit. Gangguan kesehatan pada bayi baru lahir harus segera ditangani dengan tepat agar tidak menghambat tumbuh kembangnya. Mungkin tak semua ibu tahu, apa sajakah jenis penyakit yang rentan menyerang bayi baru lahir. 

Agar lebih waspada, simak Tujuh Penyakit yang Sering Menyerang Bayi Baru Lahir, berikut ini :

1.    Ruam

Kulit bayi baru lahir masih snagat sensitive sehingga sangat rentan mengalami iritasi atau ruam. Oleh karena itu, sebisa mungkin jaga kebersihan dan kelembapan alami kulit bayi agar terhindar dari ruam.

2.    Penyakit kuning (jaundice)

Penyakit kuning umum diderita bayi baru lahir akibat kadar bilirubin yang tinggi pada darahnya. Sebenarnya penyakit kuning ini tidak berbahaya, namun ibu patut waspada jika tidak kunjung hilang dan disertai beberapa gejala mencurigakan, diantaranya : urin kuning pekat, tinja pucat, tangan dan kaki menguning.

3.    Muntah

Muntah pada bayi baru lahir bisa disebabkan banyak hal, misalnya : kekenyangan, pola menyusui yang tidak benar sehingga banyak udara yang terjebak di lambung. Muntah yang terus menerus pada bayi patut diwaspadai, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius.

4.    Sesak nafas

Bayi baru lahir juga rentan mengalami sesak nafas atau kesulitan saat menarik nafas. Hal ini patut diwaspadai, karena bisa sebabkan bayi kekurangan oksigen.

5.    Eksim susu (dermatitis atopi)

Eksim susu termasuk salah satu penyakit yang menyerang kulit bayi akibat percikan ASI yang mengenai wajah bayi. Eksim susu menyebabkan kulit bayi menjadi bercak kemerahan atau berair.

6.    Sistem pencernaan

Bayi baru lahir memiliki system pencernaan yang bisa dikatakan sangat cocok untuk mencerna ASI, karena itu masalah pencernaan bisa saja terjadi ketika bayi diberikan asupan selain ASI.

7.    Batuk/pilek

Sistem imun tubuh bayi baru lahir yang belum sempurna membuatnya rentan terkena infeksi virus penyebab batuk/pilek. Oleh karena itu, segera bawa ke dokter jika batuk pilek mengganggu aktivitas bayi.
Dengan mengenal Tujuh Penyakit yang Sering Menyerang Bayi Baru Lahir diatas, pastinya para ibu akan lebih waspada dan berusaha menjaga dan melindungi bayinya sebaik mungkin. Apabila mengalami masalah pada kesehatan bayinya, segera konsultasikan ke dokter anak agar mendapatkan penanganan.