Penyebab dan Cara Atasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, umumnya wanita akan mengalami rambut rontok. Meski normal, namun kondisi tersebut seringkali membuat para wanita panik dan takut. Ketakutan tersebut sangatlah wajar, lagian siapa sich yang tidak takut jika rambut indah Anda jadi tipis atau mengalami kebotakan? Sebenarnya, rambut rontok setelah melahirkan tidak perlu dikhawatirkan, karena kondisi ini akan membaik dan rambut bisa tumbuh kembali sebagaimana biasanya. Mungkin tak banyak yang tahu, apa sich penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya. Agar lebih jelasnya, simak aja informai selanjutnya dalam artikel ini.

Rambut jadi tebal saat hamil, benarkah?

Umumnya rambut akan mengalami kerontokan setiap hari. Namun ketika wanita menjalani kehamilan, maka mereka tidak akan mengalami kerontokan rambut. Hal itu karena peningkatkan hormone estrogen dalam tubuh ibu hamil yang membuat rambut lebih cepat panjang, tebal, berkilau, dan subur. Itulah salah satu alasan mengapa rambut ibu hamil terlihat lebih lebat dan cantik.

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Rambut rontok  setelah melahirkan bukan karena kurangnya nutrisi untuk rambut,  tapi hal itu terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh. Setelah proses persalinan, produksi hormon estrogen dalam tubuh akan menjadi normal dan hal itu membuat siklus kerontokan rambut menjadi normal. Kenapa jumlah rambut yang rontok jauh lebih banyak? Seperti disebutkan diatas, jika hormon kehamilan sebabkan rambut ibu hamil jadi lebih tebal dan sehat. Maka setelah proses persalinan, secara otomatis akan banyak jumlah rambut yang akan mengalami kerontokan antara 3 hingga 6 bulan.

Cara Mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Meski bisa kembali tumbuh normal, namun Anda harus tetap merawat kesehatan dan keindahan rambut. Mengabaikan kondisi tersebut dapat membuat kondisi rambut  Anda semakin memburuk. Nah, berikut ini cara mudah mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, berikut ini:

•    Jaga kebersihan rambut

Menjaga kebersihan rambut sangatlah penting, karena kondisi kotor dapat memperparah kerontokan rambut.

•    Gunakan kondisioner setelah keramas

Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, pastikan Anda gunakan conditioner yang sesuai jenis rambut.

•    Hindari penggunaan sisir rambut yang memperparah kerontokan

Pilih sisir yang pas untuk rambut dan hindari gunakan sisir yang rapat/kasar karena dapat memperparah kerontokan.

•    Jangan menyisir rambut basah

Menyisir rambut dalam kondisi basah dapat membuat akar rambut semakin rapuh dan mudah rontok.

•    Cukupi nutrisi yang menyehatkan rambut

Ada banyak makanan bernutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, diantaranya :  biotin (biji-bijian, kacang kering dan daging merah), asam omega3 (ikan salmon, biji-bijian, kenari), zinc (sayuran, daging, produk laut, biji-bijian), dan masih banyak yang lainnya.

•    Hindari pemakaian produk rambut yang memperparah kerontokan

Ketika rambut rontok, pastikan hindari gunakan produk rambut yang memperparah kerontokan, seperti : pelurus rambut, pengering, dan lainnya.
Semoga informasi yang berjudul Tips Atasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.