7 Hal yang wajib diperhatikan Agar Bayi Tidak Lahir Cacat

KehamilanCerdas - Orang tua mana sich yang tidak sedih ketika anak yang ditunggu kehadirannya selama 9 bulan terlahir cacat? Hampir semua orang tua pasti ingin memiliki bayi yang sehat dan terlahir sempurna, akan tetapi karena beberapa factor sehingga harapan itu menjadi pupus. Saat hamil, seorang wanita wajib menjaga pola hidup sehat agar dirinya dan janin dalam kondisi yang sehat dan normal. Jika biasanya mereka bisa makan sembarangan, maka saat hamil harus mulai selektif memilih makanan. Begitu juga dengan aktivitas, karena ada beberapa aktivitas yang harus dihindari serta harus dilakukan secara rutin. Semua dilakukan agar janin yang dilahirkan sehat dan tidak cacat.
Hal yang wajib diperhatikan Agar Bayi Tidak Lahir Cacat
agar bayi tidak cacat/http://www.buzzertweet.com

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa ada beberapa hal yang wajib diperhatikan selama kehamilan, apa sajakah itu? Agar lebih jelasnya, simak 7 hal yang wajib dilakukan agar Bayi Tidak Lahir cacat, berikut ini :

Rencanakan kehamilan dengan matang

Sebelum hamil, pastikan Anda memeriksakan kesehatan diri secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

Mengonsumsi makanan kaya asam folat

Memperbanyak asupan makanan yang mengandung asam folat saat merencanakan kehamilan sangat bagus untuk mencegah bayi lahir cacat. Beberapa jenis makanan kaya asam folat, diantaranya : jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, dan lainnya. Selain asam folat, ibu hamil juga sangat direkomendasikan mengonsumsi amkanan yang mengandung zat besi, protein dan kalsium.

Hindari Ikan laut yang mengandung mercury

Ada beberapa makanan yang wajib dihindari saat hamil, salah satunya ikan laut yang bermercuri, karena dapat menyebabkan kerusakan otak janin hingga keguguran.

Hindari makanan mentah

Suka menikmati makanan mentah atau setengah matang? Tapi hindari kebiasaan tersebut saat hamil, karena makanan mentah atau setengah matang mengandung virus atau bakteri yang dapat membahayakan janin.

Hindari minuman beralk0h0l

Minuman beralk0h0l sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil, karena berpotensi menjadi racun yang mengancam kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Berhenti mer0k0k

Mer0k0k tidak hanya merusak kesehatan ibu hamil, tapi juga dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan. Karena mer0k0k dapat sebabkan kelahiran premature, bayi lahir cacat, BBLR hingga keguguran. Untuk itu, hentikan kebiasaan mer0k0k agar Anda dan juga janin sehat dan selamat.

Penuhi asupan vitamin D

Vitamin D termasuk nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga mendukung pembentukan tulang bayi serta mencegah kelainan otak pada bayi.
Semoga artikel  yang berjudul 7 Hal yang wajib diperhatikan Agar Bayi Tidak Lahir Cacat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.