Keguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya Pencegahan

KehamilanCerdas - Hampir semua wanita pasti mengenal keguguran, bukan? Keguguran bisa mengancam semua ibu hamil tanpa pandang bulu, terutama yang kurang waspada dan cuek kesehatannya. Keguguran merupakan satu kondisi dimana terjadi gugur janin dalam kandungan karena sebab-sebab tertentu yang kebanyakan terjadi saat kehamilan berusia masih muda. Keguguran termasuk hal yang sangat menyakitkan, apalagi jika dialami oleh seseorang yang sangat merindukan kehamilan. Mungkin tak banyak yang tahu, apa saja sich jenis-jenis keguguran, apa yang menjadi penyebabnya, dan bagaimana ciri-cirinya. Agar lebih jelasnya, simak kelanjutannya dalam artikel yang berjudul Keguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya Pencegahan.

Tanda-tanda Keguguran yang wajib Anda tahu

Ketika mengalami keguguran, seorang ibu akan mengalami beberapa tanda-tanda yang tak biasa. Dengan mengenali tanda-tandanya, maka ibu hamil bisa segera mengambil tindakan cepat untuk mengatasinya. Adapun tanda-tandanya, adalah :

Pendarahan 

Pendarahan merupakan satu tanda yang mudah dikenali oleh ibu hamil. Pendarahan bisa berupa bercak/flek atau darah yang mengalir deras. Jika mengalami kondisi tersebut, Anda bisa segera pergi ke dokter untuk memastikan kondisinya. Karena ada satu kondisi pendarahan tersebut bukan akibat keguguran, tapi pendarahan pada ibu hamil normal akibat suatu hal.

Nyeri dan kram perut

Keguguran bisa juga ditandai dengan rasa nyeri atau kram pada beberapa bagian tubuh, misalnya : panggul, perut bawah, selangkangan dan sekitar kemaluan. Rasa sakit yang dirasakan saat keguguran hampir sama dengan sakitnya persalinan, namun masih bisa ditahan.

Nyeri Punggung

Nyeri punggung termasuk hal yang baisa dialami ibu hamil, tapi jika terjadi terus menerus dan tak kunjung berhenti, maka bisa jadi merupakan tanda-tanda keguguran. Umumnya, nyeri punggung akan diikuti kram dan juga pendarahan.

Berhentinya denyut jantung 

Tanda-tanda lain yang bisa dikenali dari keguguran adalah berhentinya denyut jantung janin dalam kandungan. Jika Anda merasakan hal tersebut saat hamil, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berkurangnya Tanda Kehamilan 

Ketika hamil, ada beberapa tanda kehamilan yang menyertainya. Segera waspadai ketika tiba-tiba tanda kehamilan tersebut berkurang atau hilang, karena bisa jadi merupakan tanda-tanda keguguran. Tanda-tanda keguguran bisa juga terjadi pada trimester kedua, tepatnya pada minggu ke 18-24. Adapun tanda keguguran yang bisa dirasakan, adalah : hilangnya gerakan janin dalam kandungan.

Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil Muda

Setelah mengetahui tanda-tanda keguguran diatas, pastinya ibu penasaran, apa sich yang menjadi penyebab keguguran? Diantara penyebab keguguran, diantaranya :
Hamil di usia tua
Ibu hamil mengalami Obesitas
Kelainan sistem hormonal pada ibu hamil
Ibu hamil menderita penyakit berat
Kelainan pada janin 
Kelainan Rahim
Ibu hamil terinfeksi virus
Gaya hidup tidak sehat, misalnya : minum alk0h0l, mer0k0k, narkoba, dan lainnya
Ibu hamil menderita penyakit dalam, misalnya : hiertensi, jantung, diabetes, dan lainnya.

Upaya Pencegahan Keguguran saat Hamil Muda

Setelah kita mengetahui apa saya penyebab keguguran, kini saatnya Anda perlu mengetahui apa sajakah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran di usia muda. Adapun caranya, adalah :
Jaga pola makan sehat danbergizi
Hindari kebiasaan buruk saat hamil, misalnya : mer0k0k, begadang, konsumsi narkoba, dan lainnya
Hindari stress dan pastikan ibu bahagia dengan selalu bersyukur
Minum multivitamin yang diberikan dokter
Olahraga ringan secara rutin
Hindari makanan pemicu keguguran, misalnya : ikan bermerkuri, makanan mentah, nanas, durian, dan lainnya
Hindari makanan yang terlalu asin.
Hem, ternyata banyak hal yang wajib kita ketahui tentang keguguran. Semoga artikel yang berjudul Keguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya Pencegahan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Efek Negatif Duduk Terlalu lama Bagi Ibu Hamil dan Janin
Kenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil
Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya
Tujuh Kebiasaan yang menurunkan tingkat kecerdasan anak
Bahayakah Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi?